Article Detail

Asyiknya, Anak-Anak Membuat Mading PJBL

Dimaksudkan untuk memberikan kesempatan seluaas-luasnya kepada peserta didik untuk berlatih sikap proaktif dalam memecahkan suatu masalah, mengasah kemampuan peserta didik dalam menguraikan suatu permasalahan yang ditemukan di kelas, meningkatkan keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang kompleks hingga diperolehnya sebuah hasil nyata, mengasah keterampilan peserta didik dalam pemanfaatan alat dan bahan di kelas sebagai sarana penunjang aktivitas belajarnya, dan melatih sifat kolaboratif pada diri peserta didik, pada tahun pembelajaran 2022/2023 ini SMP Tarakanita 4 Jakarta kembali menerapkan model pembelajaran PJBL.

PJBL atau Project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang bertumpu pada peserta didik. Artinya, dalam model pembelajaran ini peserta didik dijadikan sebagai subjek atau pusat pembelajaran. Melalui model ini, pembelajaran terfokus pada proses pencapaian hasil akhir berupa produk belajar peserta didik. Untuk pencapaian hasil akhir tersebut, peserta didik diberikan kebebasan dalam hal menentukan bentuk aktivitas mereka, menentukan bentuk belajar kolaboratif atau bekerja sama hingga diperolehnya produk akhir. Pada prinsipnya, PJBL ditekankan pada proses pembelajaran dengan pemberian tugas nyata seperti kerja proyek, berkelompok sehingga peserta didik beroleh pengalaman belajar yang bermakna.

Melihat begitu bermanfaatnya model tersebut bagi kemajuan peserta didik, maka di SMP Tarakanita 4 Jakarta tahun 2022/2023 ini kembali menerapkan model PJBL dalam aktifitas belajar dan mengajar seperti yang dialami oleh peserta didik kelas VIII saat ini misalnya.

Secara berkelompok terlihat peserta didik kelas VII begitu antusias mengerjakan tugas kelompok untuk membuat satu buah mading atau majalah dinding. Mading kali ini merupakan produk kolaborasi antar beberapa mata pelajaran, yaitu: IPS, Matematika, PJOK, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya. Dengan mengambil tema utama “Kondisi Geografis Negara-Negara di Asia” kemudian peserta didik bekerja sama dalam kelompok masing-masing guna memimil satu negara Asia. Selanjutnya, mereka akan mengulas negara-negara pilihan kelompok mereka berdasarkan beberapa pertanyaan pemandu yang diberikan oleh Bapak dan Ibu Pendamping PJBL. Hasil pemikiran dan kreativitas peserta didik itu kemudian dikreasikan dalam bentuk majalah dinding sekolah.

Selama proses pembuatan madding tersebut terlihat peserta didik begitu antusias dan masing-masing dapat menyumbangkan ide dan gagasan mereka di dalam kelompok. Semoga melalui kegiatan pembelajaran yang seperti ini peserta didik semakin beroleh pengalaman nyata dan berhaga guna bekal hidup mereka di kelak ke mudian hari.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment