Article Detail

FACE SENSING MENUTUP EKSKUL CODING SEMESTER INI

Pada tanggal 19 November 2021, tepatnya pada hari Jumat. Kami melaksanakan ekstrakurikuler coding yang dipandu oleh Kak Yoseph, Kak Leo, Pak Victor dan Pak Abe. Eksktrakurikuler di mulai pukul 14.30 yang dimulai dengan doa dan dilakukan breakout room. Breakout room di bagi menjadi dua bagian yaitu kelas 7 dan 8 bersama Kak Yosef dan kelas 9 bersama Kak Leo.

Saat sudah berada di breakout room, Kak Leo memberikan kami materi untuk hari ini. Materi kami untuk hari ini adalah “Face Sensing”. Kami mempelajari cara membuat game menggunakan face sensing atau bisa juga disebut dengan filter. Kami membuat game ini dengan mengunakan aplikasi “Scratch Lab”. Scratch Lab hampir sama dengan applikasi yang biasanya kami gunakan yaitu “Scratch”, bedanya adalah di Scratch Lab ini, kita dapat melakukan lebih banyak hal, seperti “Face Sensing” dan “Animated Text”.

Game yang kami buat dengan Face Sensing yaitu “Flying Cat”. Cara permainan ini bekerja adalah dengan membuat satu karakter menempel pada hidung kita, lalu kita gerakan kepala kita kebawah atau keatas untuk melewati rintangan. Jika terkena rintangan maka karakter akan kalah, dan jika mendapatkan apel/buah/hadiah (sesuai dengan kreatifitas siswa) maka akan mendapatkan satu poin. Ada beberapa kendala yang kami hadapi saat membuat game ini, tapi akhirnya kami sukses dalam membuat game ini.

Setelah satu setengah jam, Ekstrakurikuler Coding berakhir. Ekskul berakhir dengan doa pulang dan kata-kata terakhir dari para guru pendamping untuk siswa kelas 9, yang di mana hari ini merupakan hari terakhir ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa kelas 9.

Sampai bertemu di ekskul Coding semester Genap…

 

Kontributor: RACHEL THEOFANNY SIMANJUNTAK_9C6/19

Upload by: admintarpat/BCL

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment